Aerodrome (annex 14)
Aerodrome adalah bagian dari
darat maupun air termasuk (bangunan,peralatan, instalasi)yg digubakan
keselurahan atau sebagian untuk keadatangan dan keberangkatan dan permukaan
pergerakan pesawat .
Aerodrome berbeda dengan aiport,aerodrome
termasuk di dalamnya ada apron(tempat parkir pesawat )taxiway,bahu landasan dan
masih banyak lagi,dan yg paling signifikan perbedaannya adalah aerodrome bisa
di air sedangkan airport hanya termasuk gedung(terminal).
Apa saja bagian-bagian yg ada di
dalam aerodrome itu ??
1. Runway
Pertama-pertama
yg vital dalam aerodrome atau bandara kita semua bisa tau yaitu runway.Runway
adalah area persegi panjang di darat yg disiapkan untuk landing dan take off
pesawat.untuk penentuan runway dan penomoran runway sendiri,kita bisa lihat
untuk penentuan runway dilihat dari topografy daerah tersebut dan arah
angin,kenapa penentuan runway ditentukan dengan arah angin? Karena untuk take
off dan landing pesawat harus into the wind (melawan arah angin ) dan untuk
orentasi penetuan runway sendiri harus dilakukan selama 5 tahun dengan 8 kali
perhari dengan jarak waktu yg sama.didalam runway sering kita melihat garis
hitam putih putus=putus sama seperti zebra cross dijalan,di penerbangan kita
mengenalnya dengan nama Treshold.Treshold adalah awalan dari runway yg
dipruntukkan untuk landing pesawat
2. Shoulder(bahu
landasan )
Sama seperti
ttubuh manusia,runway juga mempunyai bahu.shoulder adalah bahu jalan yg berada
di samping kiri dan kanan runway yg diperuntukan untuk mengurangi kerusakan
saat pesawat gagal untuk landing dan take off,panjang shoulder harus sama
dengan panjang runway.shoulder dibuat keras tapi tidak sekeras runway,shoulder
di tutupi dengan rumput dan tidak boleh ada obstacle(halangan/rintangan).
Note :runway yg berwarna hitam yg
diaspal,sedangkan shoulder yg disamping runway yg ditutupi rumput .
3. Apron
(tempat parkir pesawat )
Apron adalah
area di darat dalam aerodrome,didalmnya termasuk untuk akomodasi pesawat yg
bertujuan untuk mengangkut penumpang,surat atau kargo,pengisian bahan
bakar,parkir dan perawatan.jadi apron bukan hanya untuk tempat parkir pesawat .
sumber :https://www.google.co.id/search?q=runway+shoulder&dcr=0&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=WFCR6Etfvc8-KM%253A%252CbmyPN5yAcW8NtM%252C_&usg=__eIb4LJYB5KRb6DLdNWonrT0-8uE%3D&sa=X&ved=0ahUKEwjM08nvreHZAhXFq48KHbhECw8Q9QEIPDAI#imgrc=foRlgoeQtQUokM:
sumber : google
Didalam
aerodrome kita tau ada dua area pergerakan yg hampir mirip namanya dan juga
mempunyaai arti yg tidak berbeda jauh .
4. Movement
area
Movement area
adalah bagian dari aerodrome yg dipakai untuk take off ,landing dan taxi
pesawat didalamnya termasuk apron
5. Manouvering
area
Manouevering
area adalah bagian dari aerodrome yg dipakai untuk take off,landing dan taxiing
pesawat tidak termasuk apon,manouvering area ini dikontrol atau wewenang dari
ATC
6. Stopway
Suatu daeranh di
daerah runway,diarah take off berbentuk persegi panjang,dipersiapkan untuk
daerah yg disiapkan untuk sewaktu-waktu untuk pesawat ketika pesawat gagal
untuk take off.
Note:panajng
stopway disesuaikan dengan luas aerodrome,tidak semua aerodrome mempunyai
stopway
7. Clearway
Area persegi
panjang yg didefenisikan di darat atau air yg dikendalikan/dikontrol oleh
otoritas yg bertanggung jawab,,area yg dipilih atau disiapkan untuk pesawat
setelah lepas landas atau climb ke area area yg sudah ditentukan .
Note:clearway
tidak boleh lebih panjang dari TORA(take off run available ),lebarnya 75 m dari
sisi-sisi samping runway
8. RESA(runway
end safety area )
Area simetris
setelah center line runway berdekatan dengan akhir dari strip dengan tujuan
utam untuk mengureangi resiko kerusakan pesawat Undershoot dan Overshoot
Note : daerah
dari RESA tak perlu sama kerasnya seperti Runway,RESA juga digunakan untuk
pergerakan kendaraan Rescue dan Fire Fighting
9. Taxiway
Jalan yg
didefenisikan di darat untuk taxiing pesawat dimaksudkan untuk pergerakan
pesawat dari suatu tempat ke tempat lainya di aerdrome
Tidak ada komentar:
Posting Komentar