Crosswind
Landing
Di blog saya kali ini,saya akan
membahas tentang apa sih itu crooswind landing, dan bagaiman cara pilot untuk
mengatasi crosswind tersebut ??
Croos wind landing adalah proses
dimana angin berhembus dari samping pesawat dan pendekatan untuk landing
diakukan dengan cara memiringkan pesawat melawan arah angin tersebut.
Cross wind kita tau sendiri atau
untuk orang awam kurang paham dengan cross wind,seperti yg saya sudh jelaskan
di atas,crosswind merupakan angin yg berhembus dari samping pesawat.Kita tau
sendiri angin merupakan keadaan alam yg tidak bisa diduga-duga kapan datangnya
dan seberapa besar kekuatan angin tersebut,hal ini sering terjadi dalam dunia
penerbangan yg membahyakan pesawat dan juga para penumpang,sebab itu semua
pilot sudah harus bisa dan pasti semua pilot bisa menangani bagaiama cara untuk
seorang pilot bisa mengatasi cross wind yg terjadi ketika dia akan melakukan
landing.
Peran cuaca terhadap dunia
penerbangan sangat punya andil besar dalam dunia penerbangan,terutama dalam
masalah keselamatan penerbangan.
Cara pilot menangani crosswind
adalah sebelium pesawat mendarat(masih di udara,approaching)pesawat mengatur
kemiringan sesuai arah angin,jika sudah menyentuh landasan,pilor akan
meluruskan pesawat dengan menggunakan rudder trim(terletak pada sirip belakan
pesawat).contohnya pesawat ketika mendapat crooswind dari sebelah kiri,seorang
pilot mengatur rudder trim,dengan cara menginjak pedal rudder trim sebelah
kiri,dan juga sebaliknya .
Selain menggunakn cara
manual,sekarang sudah ada yg namanya ILS(instrument landing system)pesawat
dapat menggunakan fitur autoland sehingga sekarang pilot bisa landing denganm
cara autopilot.
Note:tidak semua bandara di dunia
maupun di Indonesia sudah mempunyai ILS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar